10 Perawatan Rumah yang Wajib Setiap Minggu - Hasta Kencana

10 Perawatan Rumah yang Wajib Setiap Minggu

Perawatan Rumah yang Wajib Setiap Minggu

Rumah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan karena digunakan sebagai tempat bernaung dan menyimpan cerita bersama keluarga. Untuk itulah, perawatan rumah menjadi hal pokok yang wajib diperhatikan demi menjaga kenyamanan seluruh penghuni rumah ataupun tamu yang datang bertandang. 


10 Perawatan Rumah yang Wajib Setiap Minggu

Perawatan dalam rumah bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yakni perawatan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Bagi Anda yang ingin memaksimalkan waktu libur di hari Minggu untuk merawat rumah, maka 10 perawatan yang wajib dilakukan seminggu sekali dalam rumah meliputi:

1. Perawatan Kamar Mandi dan WC

Kamar mandi adalah tempat yang paling rentan kotor dan identik jorok. Ini disebabkan karena semua aktivitas membersihkan diri dan membuang hajat dilakukan di dalamnya. Tidak heran kalau banyak yang malas berlama-lama di kamar mandi.

Demi menjaga kenyamanannya, perawatan kamar mandi wajib dilakukan seminggu sekali. Walaupun bisa dilakukan setiap hari, tapi membersihkan kamar mandi membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga bisa menyita waktu apabila dilakukan setiap harinya. 

Beberapa bagian penting di dalam kamar mandi dan WC yang wajib dibersihkan dan diberikan perawatan khusus adalah:

  • Closet wajib dibersihkan dengan pembersih closet seminggu sekali demi mencegah kuman dan membersihkan kerak membandel.
  • Lantai kamar mandi disikat dengan sikat khusus dan pembersih lantai kamar mandi.
  • Menguras sekaligus menyikat bak mandi.
  • Mengelap cermin di kamar mandi jika ada.
  • Membersihkan tempat peralatan mandi sekaligus peralatan yang biasa dipakai mandi.
  • Membersihkan tempat gantungan handuk yang ada dalam kamar mandi. 
  • Mengganti pewangi kamar mandi yang sudah tidak berfungsi. 


2. Perawatan dan Kebersihan Dapur

Selain kamar mandi, dapur juga menjadi bagian penting dalam rumah yang sangat rentan kotor. Bahkan banyak yang menjadikan kebersihan dapur sebagai simbol kebersihan seluruh bagian rumah. Untuk tetap menjaga kerapian dan kebersihannya, dapur juga wajib dibersihkan setiap hari dan seminggu sekali.

Untuk perawatan seminggu sekali, ada beberapa hal penting yang bisa diperhatikan agar kenyamanan, kebersihan, dan kerapian dapur tetap terjaga, yaitu:

  • Menjemur semua perabotan dari kayu, batu ataupun tanah liat di tempat terbuka agar tidak berjamur.
  • Jika ada perabotan yang menghitam atau gosong di bagian punggungnya, bisa segera disikat dan dibersihkan dengan pembersih kerak khusus.
  • Cek kualitas spons untuk mencuci piring. Kalau sudah mengeras dan berwarna gelap, bisa langsung diganti dengan spons yang baru.
  • Manfaatkan cuka encer untuk membersihkan kerak yang membandel pada lantai ataupun dinding dapur. 
  • Membersihkan rak tempat piring dan lemari kabinet yang digunakan untuk menyimpan perabotan.
  • Membersihkan magicom dan area di sekitarnya. 


3. Penataan Isi Lemari Sekaligus Membersihkannya

Perawatan rumah yang paling banyak diabaikan oleh ibu rumah tangga ataupun anggota keluarga lainnya. Padahal penataan isi lemari ini sangat penting dilakukan agar aktivitas di dalam rumah bisa dilakukan dengan mudah sekaligus kesempatan untuk membersihkan bagian dalamnya.

Ketika seluruh isi lemari pakaian atau perabotan lainnya dirawat secara rutin setiap seminggu sekali, maka tampilan rumah akan lebih rapi tidak hanya dari luar, tapi juga dari dalam. Berkaitan dengan aktivitas ini, ada banyak hal penting yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Menata kembali isi lemari pakaian sekaligus memilah-milah pakaian yang sudah tidak terpakai untuk disumbangkan atau digunakan sebagai lap.
  • Membersihkan lemari pakaian sekaligus mengecek apakah ada pakaian apek yang tertinggal di dalamnya.
  • Mengganti kamper atau pewangi pakaian ketika isinya sudah habis. 
  • Merapikan ulang isi lemari mainan anak dan menyingkirkan yang sudah tidak digunakan.
  • Merapikan kembali isi lemari perabotan rumah seperti piring-piring dan sejenisnya. 


4. Membersihkan Perabotan dan Furniture dalam Rumah

Dalam rumah pastinya ada banyak sekali perabotan yang digunakan sebagai hiasan atau penunjang aktivitas sehari-hari. Perabotan dan furniture dalam rumah ini termasuk bagian dalam rumah yang bisa dirawat seminggu sekali.

Perawatannya cukup dengan membersihkan debu yang menempel pada furniture tersebut atau momen ini juga bisa dipakai untuk memindahkan beberapa furniture agar suasana rumah lebih segar. 


5. Perawatan Sofa dan Karpet

Bagi rumah yang dilengkapi dengan sofa dan karpet, bisa memanfaatkan momen liburan seminggu sekali untuk membersihkannya. Ajak anggota keluarga untuk membersihkan debu dan menjemur karpet agar tidak lembab dan bebas dari bakteri.

Bagi yang tidak memiliki banyak waktu, bisa membawa karpet ke tempat laundry khusus agar langsung dibersihkan. Sementara sofa bisa di lap, dijemur, serta dibersihkan bagian bawahnya agar bebas kutu. 

Aktivitas perawatan rumah yang satu ini sebenarnya sangat menyenangkan karena membutuhkan  kerjasama anggota keluarga untuk melakukannya. Jadi bisa dimanfaatkan sebagai momen untuk meningkatkan keharmonisan keluarga.


6. Mengganti Seprei Tempat Tidur

Kesalahan yang sering kali dilakukan masyarakat adalah mengganti seprei hanya saat kotor atau terkena noda saja. Padahal seprei tentu saja harus diganti secara rutin agar orang yang tidur di atasnya tetap nyaman dan sehat bebas dari kuman.

Untuk menunjang aktivitas ini, setidaknya dalam satu kamar memiliki minimal 3 seprei untuk diganti secara rutin setiap seminggu sekali. Dengan begitu, keindahan dan kebersihan rumah bisa dinikmati sampai di bagian kamar. Kalau ada orang yang menginap pun, penghuni rumah tidak perlu malu. 


7. Membersihkan Kolong Kasur

Untuk jenis kasur yang memiliki ranjang dan kolong di bawahnya juga harus rutin membersihkan dan mengepel setiap seminggu sekali. Karena kolong kasur ini sangat susah dijangkau, debu rentan masuk dan bisa menimbulkan endapan penyakit. 

Membersihkannya setiap seminggu sekali sudah lebih dari cukup untuk membuat suasana kamar lebih bersih dan sehat. 


8. Bersihkan Debu dari Hiasan Dinding dan Foto

Demi meningkatkan nilai estetika ruangan dalam rumah, tentu saja hiasan dinding harus selalu terlihat bersih dan enak dilihat. Walaupun seminggu sekali tidak terlihat ada debu yang menempel pada hiasan dinding, tetap saja langkah perawatan rumah ini wajib dilakukan.

Tidak terlihatnya debu yang menempel bukan berarti hiasan dinding ini sudah bersih. Letaknya yang menempel pada dinding rumah tetap rentan dengan kotoran cicak atau sejenisnya. Ketika dibersihkan seminggu sekali, tampilannya bisa lebih indah dan terlihat baru. 


9. Rapikan Taman di Halaman depan Atau Belakang Rumah

Bagian yang tidak kalah pentingnya untuk diberikan perawatan maksimal seminggu sekali adalah taman di halaman ataupun belakang rumah. Tentu saja aktivitas ini tidak berlaku bagi pemilik rumah minimalis yang tidak mempunyai halaman. Adapun langkah-langkah perawatan yang bisa dilakukan meliputi:

  • Memotong rumput dan memotong ranting pohon yang tidak rapi.
  • Menyingkirkan daun-daun dan tanaman yang sudah layu dari taman.
  • Menyapu halaman dari daun-daun yang berserakan.
  • Menata kembali posisi tanaman yang mulai tidak beraturan karena hujan. 
  • Mengganti air kolam ikan.
  • Memberi pupuk pada beberapa jenis tanaman yang membutuhkan perawatan khusus di taman.


10. Cek dan Perbaiki Segala Kerusakan di Rumah yang Mungkin Tidak Terlihat

Perawatan terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan pengecekan pada bagian-bagian tertentu dalam rumah yang membutuhkan perbaikan dalam waktu dekat dan jarang terlihat. Misalnya genting atau plafon yang bocor bisa diganti.

Bisa juga pintu utama, kamar, dan kamar mandi, yang mulai rusak dan tidak berfungsi bisa langsung diganti atau diperbaiki. 

10 perawatan rumah di atas wajib dilakukan seminggu sekali agar tercipta hunian yang nyaman dan senantiasa bersih. Jika dilakukan lebih dari seminggu sekali, maka perawatan tersebut justru akan semakin susah dan menimbulkan rasa malas untuk melakukannya.

Want to get Attractive Offer Info?

Enter your email and get attractive offers from us

Alamat Kami

Jl. Riung hegar Raya, cipamokolan, kec rancasari, Bandung 40292