11 Cara Membuat Taman Rumah di Lahan Sempit - Hasta Kencana

11 Cara Membuat Taman Rumah di Lahan Sempit

Cara Membuat Taman Rumah di Lahan Sempit

Taman yang indah dan sejuk tidak hanya bisa dimiliki oleh mereka yang lahan rumahnya luas. Bagi Anda yang punya lahan terbatas di sekitar rumah, tentunya juga bisa mewujudkannya. Tapi tetap harus memperhatikan cara membuat taman rumah di lahan sempit yang benar agar tampilannya maksimal.

Cara Membuat Taman Rumah di Lahan Sempit

Sekilas lahan sempit yang ada di sekitar rumah memang kurang berpotensi untuk diolah menjadi taman. Padahal, ada beberapa tips dan cara praktis yang bisa diterapkan agar taman minimalis di lahan terbatas tetap terlihat menarik. Berikut 11 cara mudah yang wajib diaplikasikan pada taman di lahan sempit. 

1. Tidak Memilih Lokasi Taman di Jalan Utama Rumah

Area rumah yang sempit memang identik dengan lahan yang langsung berbatasan dengan jalan utama rumah. Jika berencana membuat taman, maka pastikan untuk membuatnya di jalan utama tersebut. Ini akan membuat taman justru terlihat memenuhi lahan dan menekankan kesan sempit pada halaman.

Selain itu, taman yang berada di jalan utama rumah juga rentan terinjak dan susah dirawat dengan maksimal. Untuk menyiasatinya, bisa meletakkan taman di salah satu sudut lahan yang terpisah dari jalan utama.

Bisa juga membuatkan jalan setapak khusus berupa batu pijakan bagi orang yang ingin memasuki area rumah melalui taman tersebut. 


2. Sesuaikan Lokasi Lahan dengan Jenis Tanaman

Selain memilih lokasi yang tepat, pastikan juga untuk menentukan jenis tanaman yang sesuai dengan lokasi tersebut. Apabila lokasi lahan yang akan dibuat taman terpapar matahari langsung, pilihlah jenis tanaman yang tahan terhadap panas.

Biasanya tanaman yang tahan di area panas adalah jenis tanaman berbunga. Sebaliknya, tanaman untuk area yang tertutup dan jauh dari panas berasal dari jenis daun-daunan. 


3. Tentukan Tema Sesuai Ukuran Lahan yang Terbatas

Lahan yang terbatas harus memiliki satu tema yang jelas. Penataan taman tanpa tema yang jelas justru akan membuatnya terlihat berantakan karena sempitnya lahan. Sebaliknya, kalau memang lahan luas tidak ada salahnya mengabaikan pemilihan tema.

Untuk itulah, menentukan satu tema menjadi salah satu cara membuat taman rumah di lahan sempit yang sangat penting. Ada banyak sekali tema yang bisa dipilih untuk taman dengan ukuran minimalis, beberapa di antaranya adalah:

  • Tema taman mungil di Jepang.
  • Tema taman Bali.
  • Tema taman berbunga.
  • Taman tropis.


4. Batasi Tanaman Pohon atau yang Berukuran Besar

Lahan yang sempit bukan berarti tidak boleh ditanami dengan tanaman besar. Justru penggunaan tanaman hias besar ataupun pohon akan membuat lahan sempit terasa lebih sejuk. Namun penggunaan tanaman berukuran besar ini tetap harus dibatasi. 

Pasalnya, satu atau dua tanaman saja bisa memenuhi lahan yang tersisa. Akibatnya jenis tanaman lain yang bisa ditanam jumlahnya sangat terbatas. Bagi yang menggunakan tanaman besar pada taman kecil, bisa menerapkan trik berikut ini.

  • Letakkan tanaman besar pada bagian sudut taman sebagai pelindung tanaman lain.
  • Jika tanaman besar berupa pohon, bisa menggunakan sistem tumpang tindih dengan menempelkan tanaman hias lain pada batang pohon besar.
  • Jadikan tanaman besar sebagai pusat tanaman hias lainnya diletakkan. 


5. Siapkan Drainase yang Tepat

Salah satu kendala taman pada lahan yang sempit adalah sangat rentan basah dan becek. Terlebih saat musim hujan. Untuk mengantisipasi hal ini, perhatikan drainase atau saluran air pada bagian taman dan pastikan tidak ada penghambat di dalamnya.

Supaya tidak mencolok, gunakan penutup drainase dengan model modern untuk memperindah desain taman. 


6. Pilih Desain dan Gaya yang Sesuai untuk Lahan Sempit

Seiring banyaknya pemilik rumah minimalis dengan lahan sempit, muncullah beragam desain dan gaya taman yang pas untuk lahan kecil. Anda bisa memilih desain yang paling sesuai dengan selera. Adapun contoh gaya taman yang cocok untuk lahan terbatas di antaranya:

Taman Kemasan atau Container Garden

Konsep ini sesuai untuk rumah sempit dengan lahan yang hanya berupa teras saja. Gaya ini memaksimalkan penggunaan tanaman dalam pot atau kemasan untuk ditata di teras sebagai taman kecil. Jadi tidak ada rumput ataupun tanaman yang langsung ditanam di lahan. 

Gaya Vertikal

Taman gaya vertikal ini memanfaatkan wadah atau media yang bisa ditanami tumbuhan dengan model vertikal bersusun ke atas. Jadi satu lahan yang sempit bisa dimanfaatkan untuk menanam banyak jenis bunga yang diatur dengan posisi bersusun pada wadah tertentu. 

Taman Batu

Batu hias pipih dan berwarna warni menjadi media utama taman sehingga terlihat lebih sederhana dan rapi. Sangat cocok untuk lahan yang terbatas. Jadi tidak perlu menanam rumput atau merawat kebersihan tanah di sekitar lahan yang sudah tertutup batu. 


7. Padukan Rumput dan Batu Alam

Kalau lahan sangat terbatas tidak usah repot-repot mencari banyak jenis tanaman agar membuatnya terlihat berwarna. Cukup padukan rumput dan batu alam untuk membuat konsep taman hijau sederhana. Konsepnya bisa didominasi dengan rumput atau batu alam.

Sementara tanaman hias atau bunga cukup diletakkan pada beberapa titik lahan yang sudah dilapisi batu alam dan rumput tadi. 


8. Usahakan Memilih Tanaman Sejenis

Apabila lahan yang dimiliki sangat terbatas, tentunya pemilik rumah harus bisa menahan diri untuk tidak membeli beragam model tanaman hias yang digemari. Taman kecil akan terlihat lebih lebar dan menarik ketika ditanami tanaman dengan model dan jenis yang sama.

Misalnya tanaman berbunga, maka pilihan tanaman yang bisa dikoleksi juga berasal dari jenis tanaman berbunga dan tidak menambah koleksi tanaman daun atau sebaliknya. 


9. Pastikan Area Taman Cukup Matahari

Cara membuat taman rumah di lahan sempit selanjutnya adalah dengan memastikan adanya cahaya matahari yang cukup. Apabila area taman jauh dari matahari, tentu taman yang kecil akan terlihat semakin sempit karena gelap.


10 Manfaatkan Tembok di Sekitar Area

Bagi yang halaman rumahnya dibatasi tembok, bisa dimanfaatkan untuk mendesain taman minimalis yang lebih hijau. Tembok pembatas rumah bisa dijadikan area menanam tanaman hias yang bisa merambat ataupun diaplikasikan dengan pot tempel.

Jadi, biarkan area lahan bawah khusus untuk menanam tanaman hias langsung tanam serta rumput-rumputan. Sementara tembok bisa dikhususkan untuk menempel tanaman hias dalam pot yang menarik. 


11 Gunakan Wadah Pot Bersusun

Cara terakhir yang sudah sangat umum digunakan untuk membuat taman di lahan sempit adalah dengan memanfaatkan wadah pot bersusun. Saat ini ada banyak sekali model wadah untuk menyusun pot bunga yang dijual di pasaran.

Dengan wadah ini, maka dalam satu lokasi bisa dihiasi dengan 3 sampai lima tanaman pot sekaligus yang diletakkan secara vertikal sesuai desain wadahnya. Tentu saja lahan yang sempit bisa lebih ramai dengan banyaknya tanaman yang disusun bertingkat dengan wadah tersebut. 

Cara membuat taman rumah di lahan sempit sebenarnya masih sangat banyak jika pemilik rumah mampu mengembangkan kreativitas sendiri dan bereksplorasi.  Tapi kalau Anda tidak memiliki ide untuk membuat model taman minimalis, beberapa cara di atas sangat recommended untuk diaplikasikan. 

Want to get Attractive Offer Info?

Enter your email and get attractive offers from us

Alamat Kami

Jl. Riung hegar Raya, cipamokolan, kec rancasari, Bandung 40292