13 Cara Membuat Dapur Tetap Bersih - Hasta Kencana

13 Cara Membuat Dapur Tetap Bersih

Cara Membuat Dapur Tetap Bersih

Dapur adalah bagian penting dalam rumah, karena menjadi tempat mengolah sumber makanan keluarga. Sayangnya, sebagian besar masyarakat kesulitan menjaga kebersihan dapurnya. Untuk itulah, diperlukan cara membuat dapur tetap bersih yang efektif demi meningkatkan kenyamanannya. 

13 Cara Membuat Dapur Tetap Bersih

Membersihkan dapur setiap hari memang bisa membantu tampilan dapur tetap bersih. Namun cara ini tentu sangat melelahkan dan kurang efektif bagi wanita yang memiliki kesibukan lain selain di rumah. Agar kebersihan dapur tetap terjaga tanpa menguras tenaga, berikut 11 cara yang bisa diterapkan.


1. Pilih Material Perabotan yang Mudah Dibersihkan

Cara pertama yang wajib diperhatikan adalah dalam memilih material yang ada dalam dapur. Pastikan semua perabotan yang digunakan terbuat dari material yang mudah dibersihkan. Dengan begitu, para wanita tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk membersihkan perabotan tertentu.

Pasalnya, perabotan dapur yang tidak bersih secara sempurna sangat mudah membuat pemandangan dapur terlihat kotor. Beberapa bagian penting dalam dapur yang wajib diaplikasikan dengan material mudah dibersihkan meliputi:

  • Panci dan wajan dengan material premium agar mudah dibersihkan dan tidak menyisakan warna punggung yang hitam dan terlihat mengotori dapur saat dipajang.
  • Bagian dinding yang berdekatan dengan kompor dilapisi keramik atau stiker anti air dan minyak karena rentan terkena cipratan minyak saat memasak.
  • Tempat cuci piring wajib sudah menggunakan material keramik seluruhnya.
  • Gorden kolong dapur dengan material anti air dan minyak. 

2. Pastikan Perbandingan Penyimpanan Ruang Tertutup Lebih Besar dari Terbuka

Dalam penerapannya, jumlah kitchen set yang tidak menarik untuk dipajang lebih banyak dibandingkan yang peletakannya harus dipajang. Oleh karenanya, trik menjaga dapur tetap bersih adalah dengan memastikan kapasitas penyimpanan tertutup yang lebih banyak dari terbuka. 

Untuk penyimpanan tertutup bisa digunakan menyimpan beberapa kitchen set dan benda berikut.

  • Tabung gas.
  • Peralatan masak yang jarang dipakai.
  • Peralatan dan cetakan kue.
  • Panci dan wajan besar yang digunakan pada momen tertentu.
  • Koleksi piring. 
  • Tempat menyimpan bumbu dan bahan-bahan memasak. 
  • Peralatan kebersihan dapur.
Sementara penyimpanan terbuka hanya digunakan untuk meletakkan benda yang meliputi:
  • Piring dan gelas yang sering dipakai dalam keluarga.
  • Beberapa sendok yang sering dipakai.
  • Panci dan wajan berukuran sedang untuk masak sehari-hari.


3. Atap Dapur Wajib Plafon Berkualitas

Cara membuat dapur tetap bersih yang satu ini sangat jarang diperhatikan masyarakat. Pasalnya, bagian plafon dapur terlihat remeh dan tidak berpengaruh langsung terhadap kebersihan dapur. Padahal, plafon yang digunakan sangat menentukan kebersihan dapur.

Bagi yang baru membangun rumah sederhana, biasanya atap dapur hanya menggunakan genteng atau plafon murahan. Hal ini membuat debu dan kotoran mudah menempel pada atap. Akibatnya tentu saja membuat dapur mudah kotor karena debu dari atas plafon akan langsung berjatuhan di plafon.

Tidak heran kalau banyak kabinet dan rak bagian atas di dapur sangat rentan dengan kotoran dan debu hitam. Ini disebabkan karena penggunaan plafon yang salah. Kalaupun sudah terlanjur menggunakan plafon yang tidak berkualitas, tentu saja kebersihannya harus tetap dijaga dengan maksimal. 


4. Wajib Memiliki Wadah Sendiri dan Bisa Dipakai Berulang Kali

Memiliki dapur sendiri berarti juga memiliki perabotan di dalamnya secara lengkap, termasuk wadah bumbu dan bahan dapur. Siapkan wadah yang bisa digunakan berulang kali untuk menjaga tampilan dapur tetap rapi dan mudah dibersihkan. 

Contoh wadah bahan dapur yang wajib dimiliki untuk memaksimalkan kebersihan dan kerapian dapur di antaranya:

  • Botol isi ulang wadah minyak goreng.
  • Wadah kecap dan saos.
  • Tepung.
  • Gula merah dan gula pasir yang rentan kotor.
  • Wadah kopi.
  • Wadah bahan masakan yang berupa bubuk seperti merica, ketumbar, kunyit, dan sejenisnya.
  • Wadah bahan makanan atau kue yang sifatnya manis, seperti messes dan sejenisnya. 
  • Garam.

Wadah di atas wajib ada karena bahan dan benda-benda yang bersangkutan sangat mudah tercecer dan menyisakan noda membandel pada dapur. 


5. Manfaatkan Kabinet Bertingkat

Bila memiliki dana lebih, gunakanlah kabinet bertingkat untuk meminimalisir tumpukan debu pada bagian atasnya. Trik yang satu ini sudah sangat umum di masyarakat, namun masih awam di kalangan masyarakat menengah.

Padahal, penggunaan kabinet bertingkat akan mengurangi area kosong di atasnya. Area-area kosong sendiri sangat rentan dihinggapi debu, dan terkena kotoran cicak pada bagian atasnya. Dengan kabinet bertingkat ini, kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan juga bisa tercukupi.


6. Tempat Cuci Piring yang Nyaman dan Luas

Tempat cuci piring adalah kunci dari tampilan dapur yang bersih atau kotor. Jika tempat cuci piringnya bersih, tampilan dapur sebagian besar juga akan bersih atau sebaliknya.

Cara membuat dapur tetap bersih yang satu ini sebenarnya membutuhkan ketelatenan penggunanya agar rajin mencuci piring dan peralatan dapur setelah dipakai. Untuk menjaga ketelatenan tersebut, dibutuhkan area cuci piring yang nyaman dan luas sehingga penggunanya tidak malas mencuci. 


8. Siapkan Tempat Sampah Khusus Dapur yang Wajib Dibuang Setiap Memasak

Pastikan untuk menyediakan tempat sampah khusus dapur yang sedikit berbeda dengan tempat sampah di area lainnya. Ada beberapa kriteria tempat sampah yang cocok untuk menjaga dapur tetap bersih, yaitu:

  • Tempat sampah berukuran besar.
  • Dilengkapi tutup.
  • Dilapisi plastik yang bisa langsung dibuang.
  • Permukaan tempat sampah mudah dibersihkan. 


9. Langsung Bersihkan Peralatan Dapur Setelah Digunakan

Cara membuat dapur tetap bersih ini juga sangat umum tapi sulit dipraktekkan. Alasannya karena kesibukan para wanita atau rasa kelelahan setelah memasak, sehingga enggan membersihkan peralatan dapur langsung setelah digunakan.


10 Gunakan Wadah Tertutup Pada Bumbu Dapur

Bumbu dapur sangat rentan membuat ruangan terlihat kotor. Selain baunya yang menyengat, beberapa jenis bumbu juga sangat mudah tumpah. Jadi, pastikan untuk menggunakan wadah tertutup khusus untuk bumbu-bumbu dapur. 


11 Gunakan Prinsip Langsung Bersihkan Sekali Jalan

Prinsip ini memang sangat mudah diterapkan tapi sangat efektif untuk membuat dapur tetap bersih. Cara kerjanya adalah dengan melakukan aktivitas memasak seperti biasa. Tapi saat ada kotoran yang tidak sengaja ditimbulkan seperti cipratan minyak, harus langsung dibersihkan sambil tetap melakukan aktivitas masak.

Agar cara ini efektif, maka siapkan waktu memasak yang lebih lama karena sekaligus dipakai untuk membersihkannya. 


12. Siapkan Alat Khusus Kebersihan Dapur

Alat kebersihan dapur harus berbeda dengan tempat lainnya. Misalnya pada lap dapur yang menggunakan bahan mudah menyerap minyak dan air. Cairan pembersih yang bisa menghilangkan noda kerak, dan sebagainya.

Penggunaan alat kebersihan biasa tentu tidak efektif membersihkan dapur dengan hasil yang maksimal. 


13. Bersihkan Setiap Hari Area yang Gampang Kotor

Ada beberapa area yang sangat gampang kotor di dapur. Bagi mereka yang sering menggunakan dapur tentu sudah hafal dengan area-area tersebut, yang meliputi:

  • Kompor dan area sekitarnya.
  • Dinding yang dekat dengan kompor.
  • Wastafel tempat cuci piring.
  • Meja untuk mengolah bumbu. 

Area-area di atas sangat rentan kotor sehingga wajib dibersihkan setiap hari, bahkan sebisa mungkin langsung membersihkannya setelah memasak walaupun kondisinya tidak kotor. 

Bagi Anda yang mendambakan dapur bersih dan nyaman, maka 13 cara membuat dapur tetap bersih di atas wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi proses memasak di dapur akan terasa nyaman dan tidak perlu malu lagi kalau ada tamu yang memasuki area sensitif ini. 

Want to get Attractive Offer Info?

Enter your email and get attractive offers from us

Alamat Kami

Jl. Riung hegar Raya, cipamokolan, kec rancasari, Bandung 40292